Iklan dibawah Navigasi

Cara Membuat Keterangan Lulus dan Tidak Lulus Menggunakan Rumus IF Excel


Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tutorial
Cara MudahMembuat Konversi Nilai Raport di Excel dengan VLOOKUP yang sempat kita tinggalkan satu kolom paling akhir yaitu membuat keterangan LULUS atau TIDAK LULUS.
Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkannya untuk mengisi keterangan LULUS atau TIDAK LULUS tersebut mengggunakan rumus IF.
Rumus IF pada Microsoft Excel ini sangat powerfull sekali, hampir semua data yang diolah menggunakan Excel akan kita jumpai penggunaan rumus IF seperti pada kasus yang akan kita selesaikan pada tutorial kali ini yaitu CaraMembuat Keterangan Lulus dan Tidak Lulus Menggunakan Rumus IF Excel.

Baca Juga
Silahkan Anda buka kembali file yang sudah pernah Anda download di akhir artikel Cara Mudah Membuat Konversi Nilai Raport di Excel dengan VLOOKUP. Jika Anda belum memiliki silahkan download terlebih dahulu di sini.
Atau Anda bisa membuatnya sendiri tabel seperti pada gambar di bawah ini:



1.  Menggunakan Acuan Nilai Huruf

Ketentuan yang akan kita gunakan pertama menggunakan acuan nilai yang sudah dikonversi menjadi nilai huruf A, B, C atau D.
Ketentuan yang akan kita gunakan sebagai contoh kali ini, jika siswa memiliki nilai A, B, atau C maka dianggap LULUS dan jika siswa hanya mendapatkan nilai D maka hasilnya adalah TIDAK LULUS.
Klik Cell G8, kemudian ketikan formula atau Fungsi IF dengan sintak sebagai berikut:

=IF(E8="D","TIDAK LULUS","LULUS")

Kemdian tekan ENTER. Berikutnya kita copy Cell G8 dan paste di kolom LULUS/TIDAK di semua baris nama siswa kita. Maka akan muncul keterangan LULUS atau TIDAK LULUS.


2.  Menggunakan Acuan Nilai Angka


Pada cara pertama tadi menggunakan acuan nilai huruf, berikutnya akan kita coba menggunakan acuan nilai angka untuk menentukan LULUS atau TIDAK LULUS nya.
Ketentuan yang akan kita gunakan sebagai contoh kali ini, jika siswa memiliki nilai kurang dari 75 maka dia akan dinyatakan TIDAK LULUS, dan yang memiliki nilai 75 ke atas kama dia baru bisa dinyatakan LULUS.

Klik Cell G8, kemudian ketikan formula atau Fungsi IF dengan sintak sebagai berikut:

=IF(E8="D","TIDAK LULUS","LULUS")

Kemdian tekan ENTER. Berikutnya kita copy Cell G8 dan paste di kolom LULUS/TIDAK di semua baris nama siswa kita. Maka akan muncul keterangan LULUS atau TIDAK LULUS.



Nah itulah tadi Cara Membuat Keterangan Lulus dan Tidak LulusMenggunakan Rumus IF Excel. Sebenarnya masih banyak sekali cara unutuk menuliskan keterangan LULUS dan TIDAK LULUS seperti pada artikel sebelumnya sudah kami sampaikan bahwa kita bisa juga menngunakan rumus VLOOKUP atau jika Anda tahu cara yang lain bisa ikut share di kolom komentar ya.
Untuk sintaksis rumus-rumus Excel yang lain bisa Anda pelajari di sini

Baca Juga
Jangan lupa share artikel ini dengan cara klik tombol social media dibawah artikel ini agar semakin bermanfaat bagi banyak orang. Salam WAT EXCEL!


Demikianlah Artikel Cara Membuat Keterangan Lulus dan Tidak Lulus Menggunakan Rumus IF Excel

Sekianlah artikel Cara Membuat Keterangan Lulus dan Tidak Lulus Menggunakan Rumus IF Excel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel Cara Membuat Keterangan Lulus dan Tidak Lulus Menggunakan Rumus IF Excel dengan alamat link https://watexcel.blogspot.com/2020/02/cara-membuat-keterangan-lulus-dan-tidak.html

0 Response to "Cara Membuat Keterangan Lulus dan Tidak Lulus Menggunakan Rumus IF Excel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel