Iklan dibawah Navigasi

Cara Mudah Membuat Konversi Nilai Raport di Excel dengan VLOOKUP

Cara Mudah Membuat Konversi Nilai Raport

Bagi para guru atau pendidik sekolah di manapun berada, tentu tidak asing dengan raport. Pada tutorial Excel kali ini, kami ingin berbagi cara mudah membuat konversi nilai dari angka ke huruf. Ada banyak cara sebenarnya, kita bisa gunakan fungsi IF yang lebih umum digunakan, namun pada kesempata kali ini kita akan melakukan konversi nilai dengan menggunakan rumus VLOOKUP.

Baca Juga

Baiklah langsung saja, seperti biasa kita buka lenbar kerja Microsoft Excel kemudian buad tabel konversi dan daftar nama sisa beserta hasil nilai tesnya. Agar lebih mudah mengikuti tutorial ini silahkan Anda buat tabel seperti pada contoh gambardi bawah ini.


Pada tabel di atas kami buat sederhana saja, yang terpenting adalah inti dari pengggunaan tabel konversi dan rumus VLOOKUP yang akan kita gunakan Anda dapat memahaminya sehinnga bisa Anda terapkan dikasus yang lain.


Setelah Anda membuat tabelnya sesuai contoh gambar di atas, Anda blok Range (A2:B5) kemudian ketikkan “tabel_konversi” (tanpa tanda petik) di bagian name box kemduain tekan ENTER. Untuk lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini.


Dengan cara yang sama, blok Range (B2:C5) kemudian ketikkan “tabel_keterangan” (tanpa tanda petik) di bagian name box kemduain tekan ENTER. Untuk lebih jelas perhatikan gambar di bawah ini.



Nah sampai tahap ini, kita sudah membuat dua buah tabel range, yaitu tabel range yang kita beri nama “tabel_konversi” dan tabel range yang kita beri nama “tabel_keterangan”. Ini yang akan kita gunakan sebagai range referensi saat menggunakan fungsi VLOOKUP.


Baca Juga


Langkah berikutnya kita akan melakukan konversi nilai pada tabel siswa yang sudah kita buat. Klik Cell E8, kemduian ketikan formula atau Fungsi VLOOKUP dengan sintak sebagai berikut:



=VLOOKUP($D8,tabel_konversi,2,1)



Kemdian tekan ENTER. Berikutnya kita copy Cell E8 dan paste di kolom PREDIKAT di semua nama siswa kita. Maka akan terkonversi semua nialai hasil tes siswa.




Berikutnya, kita akan memberikan keterangan menngunakan fungsi VLOOKUP dengan referensinya adalah tabel_keterangan.

Klik Cell F8, kemduian ketikan formula atau Fungsi VLOOKUP dengan sintak sebagai berikut:

=VLOOKUP($E8,tabel_keterangan,2,0)

Kemdian tekan ENTER. Berikutnya kita copy Cell F8 dan paste di kolom KETERANGAN di semua baris nama siswa kita. Maka akan muncul keetrangan apakah Kurang, Cukup, Baik atau Baik Sekali.


Kami sertkan juga file latihan pada tutorial kali ini yang bisa Anda download di bawah ini.

Download

Di kolom terakhir masih ada kolom LULUS/TIDAK , ini juga bisa kita gunakan rumus VLOOKUP, atau bisa juga dengan rumus IF yang akan kita bahas di kesempatan berikutnya.


Jangan lupa share artikel ini agar semakin banyak memberikan manfaat. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan informasi terbaru dari WAT EXCEL silahkan berlangganan dengan cara ketik email anda melalu kolom subscribe yang tersedia di sidebar. Terimakasih dan Salam WAT EXCEL !



Demikianlah Artikel Cara Mudah Membuat Konversi Nilai Raport di Excel dengan VLOOKUP

Sekianlah artikel Cara Mudah Membuat Konversi Nilai Raport di Excel dengan VLOOKUP kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah Membuat Konversi Nilai Raport di Excel dengan VLOOKUP dengan alamat link https://watexcel.blogspot.com/2020/02/cara-mudah-membuat-konversi-nilai.html

0 Response to "Cara Mudah Membuat Konversi Nilai Raport di Excel dengan VLOOKUP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel