Iklan dibawah Navigasi

22 Rumus Excel yang Wajib Kamu Tahu | Sering Digunakan dalam Dunia Kerja atau Perkantoran



Hallo sobat WatExcel, seperti janji admin bahwa di blog WatExcel ini admin akan berbagi pengetahuan ataupun materi seputar dunia Excel atau secara umum kita bisa sebut aplikasi SpreadSheet yang sebelumnya sudah admin tulis dalam artikel Apa itu Microsoft Excel dan Apa Fungsinya?
Bagi kalangan pelajar dewasa ini mulai dari SD SMP SMA hingga Mahasiswa atau pekerja kantoran tentunya sudah bukan hal asing lagi dengan Microsoft Excel. Aplikasi atau software pengolahan angka terbaik besutan Microsoft ini terbukti mampu mempermudah dan mempercepat pekerjakaan kita dalam menghitung atau mengolah data-data dengan beragam angka. Agar pekerjaan pengolahan data kita bisa dikerjakan dengan cepat dan efesien adalah dengan memanfaatkan rumus-rumusn Excel untuk mempermudah perhitungan. Nah berikut admin sajikan 22 Rumus Excel yang Wajib Kamu Tahu | Sering Digunakan dalam Dunia Kerja atau Perkantoran.

1. Rumus IF
Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi. Logikanya sama seperti IF pada bahasa pemograman. Dalam satu fungsi, kamu bisa meletakkan beberapa IF tergantung kebutuhan
Rumus IF
IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])
Contoh IF
=IF(2<3,"Benar","Salah") hasinya "Benar"    =IF(2>3,"Benar","Salah") hasilnya "Salah"

        2. Rumus SUM
Fungsi rumus Excel SUM adalah menjumlahkan sekumpulan angka. Yang bisa kamu jumlahkan bisa berupa angka-angka maupun kolom ke kolom.
Contohnya, kamu ingin menjumlah data dari kolom A1 hingga A25, maka kamu tinggal menggunakan rumus ini dengan menyeleksi kolom A1 hingga A25.
Rumus SUM
SUM(number1,[number2],..]
Contoh SUM
=SUM(2,3,5,6,11) hasinya 28

3. Rumus COUNT
Fungsi rumus Excel COUNT hampir sama dengan fungsi Sum, yakni menghitung jumlah cell yang berisi angka.
Rumus COUNT
COUNT(value1,[value2],..]
Contoh SUM
=COUNT(A1:A10)

4. Rumus COUNTA
Fungsi rumus Excel COUNTA adalah menghitung jumlah cell yang ada datanya.
Rumus COUNTA
COUNTA(value1,[value2],..]
Contoh SUM
=COUNTA(A1:A10)

5. Rumus COUNTIF
Fungsi rumus Excel COUNTIF adalah menghitung jumlah cell pada suatu range yang punya satu kriteria tertentu.
Rumus COUNIF

COUNTIF(range,criteria)
Contoh SUM
=COUNIF($A$1:$A$10,"rajin")

6. Rumus SUMIF
Fungsi rumus Excel SumIF adalah menjumlahkan suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi tertentu.
Rumus SumIF
SUMIF(range,criteria,[sum_range])
Contoh SUMIF
=SUMIF($A$1:$A$6,"alat")


7. MATCH
Fungsi rumus Excel Match adalah menunjukkan posisi relatif suatu item di tabel yang cocok dengan kondisi atau kriteria tertentu.
Misalnya, kita ingin mencari apakah di sebuah tabel ada nama orang tertentu, kamu bisa menggunakan fungsi yang satu ini.
Rumus MATCH
MATCH(lookup_value,lookup_array,[match_type])
Contoh MATCH
=MATCH("watexcel",$A$1:$A$20,0)


7. VLOOKUP
Fungsi rumus Excel VLookUp adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut.
Contohnya, kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu. Data yang ingin ditampilkan harus diambil dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal.
Rumus VLOOKUP
VLOOKUP(lookup_value,lookup_array,lookup_number,[match_type])
Contoh VLOOKUP
=VLOOKUP("watexcel",$A$1:$A$20,3,0)

8. HLOOKUP
Sama dengan VlookUp, hanya saja pada rumus HlookUP data yang diambil harus secara horizontal.
Rumus HLOOKUP
HLOOKUP(lookup_value,lookup_array,lookup_number,[match_type])
Contoh VLOOKUP
=HLOOKUP("watexcel",$A$1:$A$20,3,0)

SumIf
Fungsi rumus Excel SumIfs adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut.
Misalnya kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu.
Rumus SumIfs
sumifs(sum_range,criteria_range1,criteria1,criteria_range2,criteria2,...)
Contoh SumIfs
=sumifs(d1:d10,a1:a10,'Jojon",E1:E10,"Februari")

Round
Fungsi rumus Excel Round adalah membulatkan angka ke angka desimal sesuai yang kamu inginkan.
Rumus Round
round(number,num_digit)
Contoh Round
=round(12:3456789,2)

Trim
Fungsi rumus Excel Trim adalah membenarkan teks dengan cara menghapus spasi yang terlalu banyak. Rumus ini cocok untuk merapikan sebuah tabel data.
Rumus Trim
trim(text)
Contoh Trim
=trim("Ini adalah rumus excel yang mudah dipelajari ")

Proper
Fungsi rumus Excel Proper adalah mengubah teks ke bentuk proper case (huruf pertama jadi huruf kapital).
Rumus Proper
Proper(text)
Contoh Proper
=proper("ini aDalah rumUS eXcel yang mudah diPelajari") &gt; Ini Adalah Rumus Excel Yang Mudah Dipelajari

Upper
Fungsi rumus Excel Upper adalah mengubah teks ke bentuk upper case alias huruf kapital semua.
Rumus Upper
Upper(text)
Contoh Upper
=upper("ini adalah rumus excel sederhana di dunia kerja") &gt; INI ADALAH RUMUS EXCEL SEDERHANA DI DUNIA KERJA

Lower
Fungsi rumus Excel Lower adalah untuk mengubah teks ke bentuk lower case (huruf kecil semua).
Rumus Lower
lower(text)
Contoh Lower
=lower("Jangan Lupa download") &gt; jangan lupa download

Average
Fungsi rumus Excel Average bisa kamu gunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sebuah data.
Rumus Average
=AVERAGE(number1:number2)
Contoh Average
=AVERAGE(L3:L6)

Max
Kalau kamu ingin mencari nilai tertinggi pada sebaris deretan angka, kamu bisa menggunakan rumus Max.
Rumus Max
=MAX(number1:number2)
Contoh Max
=MAX(L3:L6)

Min
Sebaliknya, kalau kamu ingin mencari nilai terendah pada sebaris deretan angka, kamu bisa menggunakan rumus Min.
Rumus Min
=MIN(number1:number2)
Contoh Min
=MIN(L3:L6)

Left
Kalau kamu butuh mengambil beberapa karakter dalam sebuah kata ataupun angka, gunakan rumus Left. Misalnya pada kata JALANTIKUS . kamu bisa mengambil kata JALAN -nya saja.
Rumus Left
=LEFT(cell yang mau diambil;jumlah karakter yang ingin ditampilkan)
Contoh Left
=LEFT(B25;5)

Right
Sama seperti rumus Left, hanya saja rumus Right mengambil karakter dari sebelah kanan.
Rumus Right
=RIGHT(cell yang mau diambil;jumlah karakter yang ingin ditampilkan)
Contoh Right
=RIGHT(B25;5)

Mid
Sama seperti rumus Left dan Right, hanya saja rumus Mid mengambil karakter dari tengah-tengah.
Rumus Mid
=MID(cell yang mau diambil;jumlah karakter yang ingin ditampilkan)
Contoh MID
=MID(B25;5)

Date
Jika kamu ingin menambahkan tanggal pada file Excel-mu, kamu bisa menggunakan rumus Date.

Rumus Date
=DATE(year;month;day)
Contoh Date
=DATE(2019;2;1)

Year
Rumus Year digunakan apabila kamu hendak mengambil data tahun pada sebuah cell berformat tanggal.

Itulah 22 Rumus Excel yang Wajib Kamu Tahu | Sering Digunakan dalam Dunia Kerja atau Perkantoran semoga bermanfaat ya. Kalau kamu tahu rumus lain yang sering digunakan dalam dunia kerja, jangan lupa share di kolom komentar ya!
Salam !



Demikianlah Artikel 22 Rumus Excel yang Wajib Kamu Tahu | Sering Digunakan dalam Dunia Kerja atau Perkantoran

Sekianlah artikel 22 Rumus Excel yang Wajib Kamu Tahu | Sering Digunakan dalam Dunia Kerja atau Perkantoran kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel 22 Rumus Excel yang Wajib Kamu Tahu | Sering Digunakan dalam Dunia Kerja atau Perkantoran dengan alamat link https://watexcel.blogspot.com/2020/01/22-rumus-excel-yang-wajib-kamu-tahu.html

0 Response to "22 Rumus Excel yang Wajib Kamu Tahu | Sering Digunakan dalam Dunia Kerja atau Perkantoran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel