Iklan dibawah Navigasi

Merubah Format Tanggal Hari dan Bulan di Excel ke Bahasa Indonesia


Secara umum settingan tanggal baik hari dan bulan pada Microsoft Excel secara default menggunakan format English. Bagi kita yang merupakan user Indonesia tentunya menginginkan menggunakan format berhasa Indonesia untuk berbagai keperluan misalnya dalam membuat laporan. Pada artikel kali ini WatExcel akan berbagi tips bagaimna cara Merubah Format Tanggal Hari dan Bulan di Excel ke Bahasa Indonesia.

Ada dua cara dalam Merubah Format Tanggal Hari dan Bulan di Excel ke Bahasa Indonesia di Microsoft Excel. Pertama dengan merubah jenis format dengan memilih Location-nya Indonesia atau dengan mengedit secara custom format sesuai yang kita inginkan.

Baca Juga


1. Cara Pertama
Silahkan buka aplikasi Microsoft Excel Anda, setelah itu ketikan pada sebuah cell bebas terserah Anda dengan tanggal yang Anda inginkan atau ketik saja   =TODAY()   kemudian tekan Enter.
Pada Microsoft Excel yang saya gunkan terlihat format hari dan bulannya masih dalam bahasa Inggris (Format English).
Klik pada cell yang berisi tanggal tadi, kemudian pilih menu HOME, klik pojok kanan bawah pada kelompok NUMBER, perhatikan gambar di bawah ini,



Maka akan tampil kotak dialog FORMAT CELLS
Cara diatas untuk menampilkan kotak dialog FORMAT CELLS bisa juga dengan cara menekan tombol CRTL+1, atau setelah cell tanggal dipilih, klik kanan kemudian pilih FORMAT CELLS. Itu adalah cara atau langkah lain untuk menampilkan kotak dialog FORMAT CELLS.
Setealh tampil kotak dialog FORMAT CELLS, pilih Tab NUMBER, Category pilih DATE, Locale (Location): rubah ke Indonesian kemudian pilih format Indonesia yang diinginkan, lalu klik OK.

2. Cara Kedua
Cara yang kedua ini kita akan menuliskan format yang kkita inginkan secara manual.
Langkah awalnya sama, pilih cell atau range yang akan dirubah formatnya ke penulisan hari tanggal bulan Bahasa Indonesia. Kemudian tekan CRTL+1 untuk menampilkan kotak dialog FORMAT CELLS.
Pilih tab NUMBER, kemudian Category-nya pilih CUSTOM.
Masukan kode berikut

[$-21]dddd, dd mmmm yyyy


Pada bagian Type, kemudian klik OK
Note: Kode format di atas adalah untuk menampilkan tanggal berbentuk ( Nama Hari, Tanggal Bulan Tahun) dalam Bahasa Indonesia.
Deimikanlah langkah-langkah cara Merubah Format Tanggal Hari dan Bulan di Excel ke Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda dalam dunia Excel. Jangan lupa share artikel ini dengan cara klik beberapa tombol sosail media yang ada agar semakin banyak yang tahu dan mendapatkan manfaat dari materi di artikel kali ini.
Salam WatExcel !!



Demikianlah Artikel Merubah Format Tanggal Hari dan Bulan di Excel ke Bahasa Indonesia

Sekianlah artikel Merubah Format Tanggal Hari dan Bulan di Excel ke Bahasa Indonesia kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.


Anda sekarang membaca artikel Merubah Format Tanggal Hari dan Bulan di Excel ke Bahasa Indonesia dengan alamat link https://watexcel.blogspot.com/2020/01/merubah-format-tanggal-hari-dan-bulan.html

0 Response to "Merubah Format Tanggal Hari dan Bulan di Excel ke Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel